Tuesday, January 17, 2006

Banyu Biru vs Garden State




Sinopsis:
Ini adalah cerita tentang seorang pemuda yang bekerja di suatu kota besar. Dia mempunyai masalah dengan masa lalu dan keluarganya di kampung halamannya, sehingga tidak pernah pulang kampung selama bertahun-tahun. Suatu ketika, dia pulang kampung, bertemu seorang wanita cantik, dan kemudian mengalami moment2 yang mengajarkannya tentang cinta dan kehidupan.

Pertanyaannya:
Apakah judul fim tersebut?
a. Banyu Biru
b. Garden State
c. Jawaban a dan b benar

Jawabannya:
C!

Banyu Biru (BB) adalah film keluaran tahun 2005, bikinan sutradara Teddy Soeriaadmadja, dengan pemain papan atas layar lebar kita: Tora Sudiro, Dian Sastro, Slamet Rahardjo (kenapa semua berakhiran o?). Sementara Garden State (GS) adalah film keluaran tahun 2004, disutradai oleh Zach Braff yang sekaligus menjadi pemeran utama bersama Natalie Portman. GS ini sih kayaknya film indie, termasuk salah satu film yg pernah diputer di Sundance Film Festival.

Nah adakah hubungan kedua film itu? Salah satu film 'terinspirasi' oleh film lain? Atau hanya kebetulan yang luar biasa.

Apapun jawabannya, gw tetap mengapresiasi film BB sebagai film yang Indonesia yang punya gaya baru (katanya sih surealisme, makanya agak berat buat gw..). Tapi kalo gw dipaksa memilih (siapa juga yang maksa...), gw lebih suka nonton GS daripada BB. Kedua film ini berusaha memberitahu kita tentang suatu hal yang sama, tapi buat gw, GS memberitahu dengan bahasa Indonesia, sedang Banyu Biru dengan Bahasa Sansekerta.

No comments: