Monday, February 04, 2008

Catatan Harian Single Female Traveler

1. Sebelum meminta sekretaris anda memesan hotel di kota tujuan, lakukan research kecil2an menyangkut lokasi dan kredibilitas hotel. Jangan percaya pada situs2 review hotel di internet karena biasanya reviewnya standar, tidak mengungkap sisi busuk misalnya hotel yang kita tuju ternyata adalah hotel mesum. Jadi bertanyalah pada teman2 anda yang tinggal di kota tujuan, karena biasanya jawabannya lebih dapat dipercaya. Research kecil2an ini akan menyelamatkan anda dari kenyataan seperti harus sarapan bersebelahan meja dengan pasangan om girang dan wanita ber-kaus ketat-rok mini-high heels di pagi hari.

2. Orang bijak jaman dulu pernah bilang bahwa kita harus memperlakukan orang lain seperti kita ingin orang lain memperlakukan kita. Itulah sebabnya, ketika saya naik lift di hotel, saya tidak pernah nanya2 ke orang yg tidak saya kenal: "kamar berapa om/tante?" Tapi ternyata tidak semua orang berpikiran sama dengan saya. Sering banget deh di lift atau di lorong hotel ditanyain sama bapak2: "kamar berapa dek?" Tipsnya, pura2 gak denger atau kalau udah gak bisa ngeles, pura2 budeg dengan menjawab: "lantai 4 pak" dan langsung turun.

3. Sarapan sendirian di coffee shop hotel memang menyebalkan. Karena nggak ada orang yang stand by di meja waktu lagi ngambil buah, jadi kadang2 suka ada yang pengen mengambil alih meja kita. Tipsnya, buat meja sepenuh mungkin dan agak berantakan. Tidak lupa 1 piring makanan yang masih utuh dan 1 gelas minuman harus selalu stand by di atas meja, untuk menandakan bahwa meja ini ada penguasanya. Jangan naro tas atau kunci kamar, karena efeknya meja anda memang tidak diambil alih, tapi harta benda anda akan hilang.

4. Masih soal sarapan sendirian, pilihlah lokasi yang menghadap ke tv atau pemandangan ke taman atau kolam renang. Hindari tempat duduk yang terbuka dan memungkinkan seringnya terjadi kontak mata dengan tamu2 hotel yang tidak kita kenal. Males bo.

5. Kalau biasanya seorang perempuan sangat peduli dengan penampilan fisik, maka ketika sedang di hotel sendirian, cuek ajah. Gak perlu dandan kecuali mau pergi dengan orang yang anda kenal. Gak perlu tebar senyuman. Gak perlu wangi2. Seandainya anda segitu desperatenya dan berpikir mungkin di hotel ini anda bertemu jodoh anda, buang pikiran itu jauh2, karena tidak ada orang yang bertemu jodohnya di hotel. Ada sih 1 selebritis, tapi kemudian dia bercerai. Anda nggak mau bercerai kan?

6. Berpikir positif. Terutama ketika pintu hotel anda diketok malam2 oleh oknum tidak bertanggung jawab. Lanjutkan tidur anda sambil berpikir: "ah mungkin tadi dia salah kamar"

7. Jangan nonton HBO kalau yang ditayangkan adalah film horor. Sebagai gantinya, nonton lah supermama karena acara ini cukup menghibur di kala sendiri di kamar hotel. Pilih mana, ngeliat pembunuh bermuka rata atau indra bruggman berkaos ketat?