Thursday, March 23, 2006

pegawai negeri sipil

Pulang kerja kemaren malam, nyokap gw memberi berita gembira: bang fadly -sepupu gw- lulus jadi pegawai negeri sipil (PNS).

Alhamdulillah.. cuman itu yang bisa gw omongin :)

Keluarga besar gw memang sangat menjunjung tinggi profesi PNS. Selain bokap dan nyokap gw PNS, sebagian besar sodara2 gw memilih mengabdikan diri sebagai PNS. Bahkan sampe sekarang nyokap masih sering mempertanyakan minat gw buat jadi PNS, padahal gw udah berkali2 bilang gw gak berminat. Maaf ma.

Alasan nyokap keukeuh dengan ke-PNS-annya sih simple aja: kerjaannya santai dan terjamin sampe hari tua. Typical banget ya? Kalo mau dijabarin lagi sih, dia pengen ketika gw menikah nanti gw bisa mengurus keluarga dengan baik dan benar, gak dikejar2 kerja rodi model kantoran di jakarta.

Alasan gw keukeuh gak mau jadi PNS juga simple aja: males. Gw males ribet2 menjalani proses pendaftaran yang berbelit2. Gw males kalo kerja cuman dibayar segitu. Gw males kerja di lingkungan birokratis gila. Yah pokoknya gw males deh.

Bukannya gw gak menghargai PNS ya. Gw sangaaaat menghargai profesi ini. Terutama bokap nyokap gw yang harus menghidupi 3 anak manis dengan gaji mereka sebagai PNS. Dan jujur aja, harus ditunjang ama usaha2 lain di luar profesi utama. Kecuali kalo mau korupsi (masya Allah!). Dulu waktu gw masih kecil, bokap nyokap punya sawah dan kos2an buat penghasilan tambahan. Menjelang gw abege, bokap merantau ke jakarta, kerja sana sini sampe akhirnya bisa memboyong (duh bahasanya!) kami sekeluarga ke jakarta. Dan sekarang bokap juga mulai berbisnis setelah pensiun. Oh iya, uang pensiun pun diambil setahun sekali, soalnya setelah dikumpulin setahun baru berasa ada uangnya. Kalo diambil tiap bulan mah paling abis buat ongkos jalan :)

Dan kembali ke faktor malas, gw emang malas untuk berjuang seperti itu. Dedikasi gw terhadap negara kayaknya bukan dalam bentuk PNS. Sekali lagi, maaf ya ma.

Kalo ukuran kedurhakaan seorang anak adalah seberapa sukses dia memenuhi keinginan orang tuanya, gw rasa gw adalah anak durhaka yang menduduki kerak neraka.

Mama pengen gw jadi dokter, gw gak bisa.
Mama pengen gw nikah segera, gw gak bisa.
Mama pengen gw jadi PNS, gw gak bisa.

Sekali lagi dan lagi, maaf ya ma..



10 comments:

adu catumorli said...

wah nyay, kok komen gw yg kemaren ngga muncul ya? Pdhl gw udh ngetik panjang2, huuu... Yah, intinya kita bernasib sama, cuma klo gw dr sisi bokap yg "merongrong" utk jd PNS. Gw pikir udh cukup membahagiakan dia dgn ikut daftar cpns taun kmrn n GAGAL DGN SUKSES gara2 ijasah asli blm keluar. Tyt pas taun ini kakak2 gw dgn niat daftar cpns, gw doang dgn niat tidak daftar, n bokap msh aja nyuruh2 daftar.. Yah semoga ukuran anak durhaka bkn itu, hehehe..

sorayya said...

hah? jadi lo pernah nyoba daftar? hahaha.. at least you've tried du :) ntar deh someday klo lagi iseng gw daftar juga, hehe..

Anonymous said...

eh ko pada demen jadi pns siy...bokap gue malah pernah bilang (gara2 gue ga mau ambil jur kedokteran ui..:p).."trus lulus kuliah jadi pns gitu???" hihi..dia ada pengalaman buruk ama pns kale yah??(pengalaman ngurus surat2 kale yak..):p tp kynya ga smua pns ky gitu kan yah???
trus jd pns enaknya apan siy???(asli blum tau..dalam silsilah kluarga ga ada yg jd pns...nggg..sodara jauh ada siy...adanya malah militer..:p (gw d pernah d suruh ikut juga (asli!).tp ada alasan mata minus..:p))hehehe

sorayya said...

nah itu dia masalahnya! gw gak atau apa enaknya jadi pns, yang gw liat malah gak enaknya.. makin males deh..

Anonymous said...

klo jadi pegawai bumn????

Anonymous said...

Gw malah, pas kelar kuliah udah mikir gini : Kalo ampe setahun gw gak dapet kerjaan, gw mau ikutan WaMil (wajib militer) ajahhh..!!! Hehehehe, dengan sukses dilarang bokap gw, secara bokap gw males anakny ada yang ngikutin dia, kere soalnya...
Hehehehe

sorayya said...

hahahaha.. chieka jadi militer? uuuu.. cocok.. cocok... :p

Anonymous said...

Eh chieka yg mana siy?Alo chiek...Anak tentara yah?:p

hotma said...

ehem.. yg kedua tu... yg segera mebikah, bukan ga bisa dunk say... belum bisa kali yah yg tepat :D

sorayya said...

bisa sih, tapi gak mau :))