Wednesday, July 25, 2007

about moving on

Salah seorang temen baik gw punya quote favorit yang diambil dari film prime:
"in life, you love someone, you learn, and you move on"

Tidak selamanya suatu rasa cinta bisa diperjuangkan dalam sebuah hubungan. Terkadang hubungan itu harus berakhir, terlepas dari kenyataan apakah rasa cinta itu masih ada atau tidak.

Dan seringkali, kita terlalu dipusingkan dengan tahap moving on. Kita merasa bahwa kita belum berhasil melakukannya. Kita sering terbentur pada pertanyaan: "what should i do to move on?"

Biasanya yang terjadi adalah kita menyibukkan diri. Cari kegiatan baru. Cari teman2 baru. Padahal itu bukan inti dari moving on. Itu hanya pengalihan perhatian sementara.

Toh memang kenyataannya hidup terus berjalan. Jarum jam terus bergerak tanpa menunggu kita untuk bisa melupakan kenangan lama. Deadline pekerjaan terus mendesak tanpa menunggu kita memaafkan kesalahan di masa lalu. Cicilan rumah terus berbunga tanpa menunggu kita menghapus semua keinginan yang tidak pantas lagi diinginkan.

Lalu tanpa kita sadari, ternyata waktu memang telah menyembuhkan segalanya. Waktu mengajarkan kita untuk melupakan kenangan, memaafkan diri sendiri, dan menghapus semua keinginan lama.

Tidak ada seorangpun yang bisa memberikan kiat khusus untuk move on. Tidak therapy, tidak hipnotis, juga tidak menghapus memory seperti jim carrey lakukan di eternal sunshine of the spotless mind.

Juga tidak ada seorangpun yang bisa menjamin bahwa kenangan dan keinginan lama itu akan muncul sewaktu-waktu, dengan trigger sederhana. Mungkin berupa sebuah lagu, selembar foto, atau sebuah pertemuan tanpa rencana.

Tapi kalaupun itu terjadi, kita akan baik2 saja. Karena in life we loved someone, we learned, and we (eventually) are moving on.

*Dedicated to those who are trying to move on. You'll survive!
*And no, it's not based on my personal experience :P

No comments: