Thursday, September 15, 2005

Apalah arti sebuah nama?

Apalah arti sebuah nama? Omongan shakespeare yang terkenal. Tapi gw lebih suka 'nama adalah doa', omongan Rasulullah.

Eniwei, hasil chatting ama manusia di pelosok eropa sanah menghasilkan pemikiran iseng gw.. beneran deh, iseng banget.

Nama gw Sorayya. Udah, gak ada panjang2nya. Mungkin ortu gw terlalu males buat mikir nama panjang2. Atau kurang kreatip? ah gak tau lah. Yang jelas gw terlahir dengan nama itu dan gak kepikiran buat ganti. Kata bokap sih, nama gw terinspirasi dari seorang tokoh wanita di Iran. Yah terserah sih.. gw cuek aja. Sampai suatu hari di umur gw yang udah 18 tahun gw kenal ama cowok Iran yang ngasihtau kalo Sorayya means shining star dalam bahasa Persia (bahasa native Iran). Hohoho.. ternyata bokap gw jago ya ngasih nama anaknya! *it took 18 years for me to realize.. ckckck..*

Ide ortu buat ngasih nama anak tuh emang mecem2 ya. Ada yang terinspirasi dari nama tokoh kayak bokap gw gitu. Nah yang kasian tuh kalo inspirasi nama bukan dari nama seleb, tapi tiba2 ada seleb yg namanya sama. Contohnya gw pernah punya temen bernama Desi Ratnasari! Dia lahir tahun 1982, sebelum artis Desi Ratnasari booming. Jadilah temen gw ini mengalami masa2 sulit jaman smp, soalnya tiap dia izin/sakit/alpa, anak2 sekelas bilangnya: "Desi lagi shooting bu.."

Cerita gak kalah unik muncul dari temen gw, yang kenal seorang anak bernama Laila Nikmatul Ula. Nama ini pemberian dari bokap anak itu. Mari kita analisis nama ini baik2. Laila artinya malam (bahasa Arab). Nikmat artinya ya nikmat. Ula itu artinya pertama (gak tau deh bahasa apa, kyknya sih bahasa Arab juga). Nah dengan mengutak atik ketiga kata tersebut, Laila Nikmatul Ula artinya: Nikmatnya malam pertama! Hahahahaha... kreatif gila!

Gw juga pernah denger orang yang lahir tanggal 17 Agustus dikasih nama: Merdeka. Boo.. kebayang dong beban mentalnya setiap bulan Agustus.. hihi.. Atau ada cowok yang lahir tanggal 21 April, dipaksa menyandang nama Hari Kartono. Yah semoga dia inget habis gelap terbitlah terang...

So.. apalah arti namamu?

5 comments:

Api said...

saya teman tempat adhit cerita2 huehehehe...

what's in a name udh pernah gue bahas di blog gue.. http://firstflame.blogspot.com/2005/06/names-couple-of-days-ago-i-tried-to.html

btw Api Perdana = hasil pertama dari api cinta bonyok huahaha... bikin ilfeel yach :p

Anonymous said...

buat api:ihh bener bikin ilfeel...hihihi...jgn2 lo hasil kecelekaan..(no offense-bro..)

yanu=bulan kelahiran...asli kurang kreatif niy bonyok...
sudirjo= ini bukan nama keluarga...tp gue rencanakan jd nama keluarga...hehehe.ada artinya tuh...pusing juga njelasinnya...

Api said...

kakayanu: suentoloyoo... ati2 loe nuduh..
btw kasian d nama loe ga kreatip hahaha

Anonymous said...

@api: walopun nama gue diambil dr nama bulan..itu gue anggep anugerah dr orang tua buat gue..jd kampret lu ..ane kan ga bermaksud nuduh...kan ada bacaan no-offense tuh...lagipula emang nama lo bikin ilfeel ko...hahaha...yah namanya juga manusia...mohon maaf klo salah2 kata...^*^(*^*((*^*^%$4##^&&..-bete mode-

- Adhit - said...

buset .. ada yang berantem di blog orang :p wakakaka ..

-the flamerz iz in that houze-

-peaceah :p